Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasaran Online dan Sosialisasi Pentingnya Logo pada UMKM di Desa Sukobubuk

Authors

  • Silvy Kharisma Yufatika Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Muhammad Choirun Iqbal Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Abdul Ghofur Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Fajar Nugraha Universitas Muria Kudus, Kudus

Keywords:

pemberdayaan ekonomi, pemasaran online, logo, UMKM

Abstract

Salah satu tujuan diadakannya pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan pelatihan
pemasaran online untuk meningkatkan penjualan bisnis online pada UMKM di Desa Sukobubuk
Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Team KKN melakukan survei kepada para pelaku UMKM
setempat Permasalahan yang pertama yaitu kurangnya lingkup pemasaran dan juga banyak UMKM di
Desa Sukobubuk yang belum memiliki logo. Sementara peluang yang dimiliki oleh UMKM disini yaitu
hasil alam yang sangat melimpah untuk menjadi sebuah usaha. UMKM dapat meningkatkan penjualan
dan menarik pelanggan dengan merek sendiri. Dengan membuat website untuk UMKM, membuat
platform media sosial, dan memberikan logo yang bermakna, branding UMKM memungkinkan UMKM
untuk dikenal oleh masyarakat umum. Metode yang digunakan dalam kegiatan kami yaitu survey,
pelatihan, dan ceramah. Metode yang digunakan dalam kegiatan kami yaitu survey, pelatihan, dan
ceramah. Kemudian, tahap sosialisasi dan pelatihan dilakukan oleh tim KKN kami. Setelah dilakukan
pelatihan dan sosialisasi, pengetahuan UMKM setempat mengenai strategi pemasaran semakin
meningkat.

Downloads

Published

2024-08-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasaran Online dan Sosialisasi Pentingnya Logo pada UMKM di Desa Sukobubuk. (2024). SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 830-837. http://prosiding.umk.ac.id/index.php/sandimas/article/view/271

Similar Articles

1-10 of 38

You may also start an advanced similarity search for this article.