Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasaran Online dan Sosialisasi Pentingnya Logo pada UMKM di Desa Sukobubuk
Keywords:
pemberdayaan ekonomi, pemasaran online, logo, UMKMAbstract
Salah satu tujuan diadakannya pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan pelatihan
pemasaran online untuk meningkatkan penjualan bisnis online pada UMKM di Desa Sukobubuk
Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Team KKN melakukan survei kepada para pelaku UMKM
setempat Permasalahan yang pertama yaitu kurangnya lingkup pemasaran dan juga banyak UMKM di
Desa Sukobubuk yang belum memiliki logo. Sementara peluang yang dimiliki oleh UMKM disini yaitu
hasil alam yang sangat melimpah untuk menjadi sebuah usaha. UMKM dapat meningkatkan penjualan
dan menarik pelanggan dengan merek sendiri. Dengan membuat website untuk UMKM, membuat
platform media sosial, dan memberikan logo yang bermakna, branding UMKM memungkinkan UMKM
untuk dikenal oleh masyarakat umum. Metode yang digunakan dalam kegiatan kami yaitu survey,
pelatihan, dan ceramah. Metode yang digunakan dalam kegiatan kami yaitu survey, pelatihan, dan
ceramah. Kemudian, tahap sosialisasi dan pelatihan dilakukan oleh tim KKN kami. Setelah dilakukan
pelatihan dan sosialisasi, pengetahuan UMKM setempat mengenai strategi pemasaran semakin
meningkat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.