Implementasi Digital Marketing dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Jambean Kidul

Authors

  • Erika Praja Akirliani Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Suyoto Suyoto Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Dedy Hardiawan Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Vara Fitria Wulandari Universitas Muria Kudus, Kudus

Keywords:

UMKM, digital marketing, masyarakat

Abstract

UMKM yaitu usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi
kriteria sebagai usaha mikro. Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan
upaya yang dilakukan Pemerintah, industri, dan masyarakat berupaya memberdayakan Usaha Mikro,
Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui pengembangan UMKM. Promosi melalui digital menjadi salah
satu perkembangan bagi UMKM agar perusahaannya dapat tumbuh dan maju. Tujuan dari tugas ini
untuk membantu pelaku UMKM menumbuhkan pasar untuk mengadopsi digital marketing. Ada tiga
tahap pendekatan yang dilakukan: survei lapangan tahap pertama, tahap kedua sosialisasi, dan tahap
ketiga pemantauan dan penilaian. Kesimpulan dari tugas ini adalah UMKM dapat mengembangkan
operasinya dengan menggunakan akun e-commerce dan memahami promosi produk secara modern.
Hal ini merupakan materi terpenting dari digital marketing yang menarik pelanggan. Kesimpulan dari
kegiatan ini, para pelaku UMKM di Desa Jambean Kidul dapat menggunakan platform digital
marketing secara mandiri dan berkelanjutan agar usahanya lebih berkembang.

Downloads

Published

2024-08-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Implementasi Digital Marketing dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Jambean Kidul . (2024). SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 718-725. http://prosiding.umk.ac.id/index.php/sandimas/article/view/260

Similar Articles

1-10 of 95

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)