Pengenalan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris SDN Sampok
Keywords:
kosakata, flashcard, bahasa inggrisAbstract
Minimnya media menjadi kendala utama siswa dalam mempelejari sebuah bahasa baru. Di SD N
Sampok juga salah satu contohnya yang belum mempunyai media atau alat dalam membantu siswanya
untuk memahami materi kosakata, khususnya pada pembelajaran bahasa Inggris. Akibat tidak adanya
media untuk mempermudah siswa, maka siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi
tersebut. Tujuan pengabdian ini dilaksanakan dengan mengenalkan media pembelajaran bahasa
Inggris yaitu flashcard kepada siswa di SD N Sampok untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris
terutama dalam mempelajari kosakata, meningkatkan motivasi siswa serta dapat melatih siswa dalam
daya ingat mereka terhadap kata yang dipelajari. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan pada
penelitian ini yaitu subjek kelas 1 sampai kelas 6 sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukan bahwa kemampuan dalam belajar kosakata pada pembelajaran bahasa Inggris
di SD N Sampok mengalami peningkatan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.