Pengenalan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris SDN Sampok

Authors

  • Naufalis Shofa Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Darul Khafidin Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Delia Novita Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Ana Lalitaful Hikmah Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Ahmad Bakhruddin Universitas Muria Kudus, Kudus

Keywords:

kosakata, flashcard, bahasa inggris

Abstract

Minimnya media menjadi kendala utama siswa dalam mempelejari sebuah bahasa baru. Di SD N
Sampok juga salah satu contohnya yang belum mempunyai media atau alat dalam membantu siswanya
untuk memahami materi kosakata, khususnya pada pembelajaran bahasa Inggris. Akibat tidak adanya
media untuk mempermudah siswa, maka siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi
tersebut. Tujuan pengabdian ini dilaksanakan dengan mengenalkan media pembelajaran bahasa
Inggris yaitu flashcard kepada siswa di SD N Sampok untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris
terutama dalam mempelajari kosakata, meningkatkan motivasi siswa serta dapat melatih siswa dalam
daya ingat mereka terhadap kata yang dipelajari. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan pada
penelitian ini yaitu subjek kelas 1 sampai kelas 6 sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukan bahwa kemampuan dalam belajar kosakata pada pembelajaran bahasa Inggris
di SD N Sampok mengalami peningkatan.

Downloads

Published

2024-08-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengenalan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris SDN Sampok. (2024). SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 905-910. http://prosiding.umk.ac.id/index.php/sandimas/article/view/234