Peningkatan Literasi Melalui Media "Pakata" Bagi Siswa Kelas Rendah SDN 02 Rejosari
Keywords:
literasi, media papan kata, minat baca, kuliah kerja nyataAbstract
Rendahnya kemampuan membaca dan menulis siswa, disebabkan oleh guru yang belum membiasakan
siswa dengan soal-soal berbasis literasi dan kurangnya pengetahuan tentang teknik membaca cepat
dan menyenangkan. Pemanfaatan media papan kata menjadi solusi yang efisien dan menarik untuk
memotivasi siswa dalam membaca permulaan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terkait pembelajaran literasi di
SDN 02 Rejosari. Penelitian ini bertujuan untuk melukiskan, menggambarkan, dan mendeskripsikan
secara nyata fakta-fakta yang diteliti. Subjek kegiatan ini adalah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Universitas Muria Kudus tahun 2023 di Desa Rejosari yang telah menyusun program kerja
berdasarkan ketentuan yang sudah ditetapkan. Hasil dari pengabdian masyarakat yang dilaksanakan
di SDN 02 Rejosari menunjukkan bahwa terjadi peningkatan menggunakan media “Pakata” dalam
pembelajaran literasi dan numerasi dilihat dari hasil rata-rata nilai pretest 82,89% ke nilai post-test
90,89% dengan nilai pre-post 9,53%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.