Implikasi Pendekatan Bermain dan Eksplorasi dalam Pengembangan Motorik Anak Usia Dini
Keywords:
psikologi, perkembangan anak, motorikAbstract
Perkembangan anak usia dini adalah tahap krusial dalam pembentukan kesejahteraan dan kecerdasan
mereka. Kegiatan "Game Eksploratif untuk Memaksimalkan Motorik Anak" melibatkan 20 anak usia
dini di Lapangan SDN 1 Dukuhwaringin. Melalui permainan dan aktivitas eksploratif, kami melihat
dampak positif pendekatan bermain dalam pembelajaran anak. Motivasi belajar anak juga memainkan
peran penting, terutama pada tahap operasi konkret. Selain itu, kegiatan ini juga memperlihatkan
perkembangan sosial anak-anak dalam interaksi dengan teman sebaya. Ini menggambarkan
pentingnya pendidikan holistik yang memperhatikan aspek-aspek perkembangan anak. Dalam
kesimpulan, pendekatan bermain dan eksplorasi memiliki potensi besar untuk memaksimalkan
perkembangan anak usia dini. Faktor-faktor seperti motivasi belajar, tahap perkembangan kognitif,
dan perkembangan sosial saling terkait dan memengaruhi pertumbuhan anak-anak. Dengan
pemahaman tentang teori perkembangan, kita dapat mendukung pertumbuhan anak-anak dengan lebih
efektif, memastikan fondasi yang kuat dalam perkembangan motorik mereka, dan membantu mereka
tumbuh menjadi individu yang kuat dan cerdas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.