Pemanfaatan Digital Marketing, Penerapan Branding Kemasan dan Desain Stiker dalam Pengembangan UMKM Muria Food
Keywords:
Digital Marketing, Branding, UMKM, LabelAbstract
Penelitian ini membahas tentang strategi pendampingan pemasaran yang diterapkan untuk mendorong
pertumbuhan UMKM Muria Food melalui desain kemasan dan desain siker yang menarik.
Pemanfaatan teknologi digital semakin memudahkan pelaku UMKM khususnya dalam menciptakan
citra produk dan memasarkan produk tersebut di media sosial. Untuk mengoptimalkan pemasaran
produknya, UMKM Muria Food melakukan pendekatan kreatif dengan merancang desain stiker dan
kemasan produknya. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini meliputi 5 tahap yaitu
tahap observasi, tahap identifikasi masalah, tahap perencanaan (tahap pelaksanaan kegiatan), dan
tahap evaluasi. Penelitian ini mengidentifikasi perubahan strategis dalam desain dan dampaknya
dalam meningkatkan daya tarik produk dan meningkatkan penjualan. Hasilnya menggambarkan
bagaimana strategi pendampingan pemasaran memainkan peran penting dalam pertumbuhan UMKM
dengan berfokus pada elemen desain visual yang efektif. Studi ini memberikan wawasan berharga bagi
UMKM serupa yang ingin meningkatkan visibilitas dan penjualan produknya melalui strategi
pemasaran yang berfokus pada desain kemasan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.