Pengembangan UMKM dalam Program Kerja KKN Tematik Universitas Muria Kudus

Authors

  • Sevira Fatmawati Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Muhammad Rifqi Zulqornain Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Nurul Rizka Arumsari Universitas Muria Kudus, Kudus

Keywords:

pemasaran, promosi, UMKM

Abstract

Program KKN yang menitik beratkan kepada pengelolaan UMKM yang dilakukan mempunyai tujuan
untuk memberdayakan yang memiliki ataupun belum sebuah usaha yang berbentuk UMKM agar bisa
lebih berkembang ataupun bisa terbentuk dengan diadakannya program ini. Pembuatan Promosi
melalui social media dan pembuatan Titik Lokasi di Maps bagi UMKM yang belum memiliki Titik
Lokasi di Maps, Tim KKN piji Mulai membuat Promosi melalui social media dan Titik Lokasi Maps
untuk memudahkan para customer mencari Lokasi UMKM terkait. Melalui diskusi hasil pengabdian
masyarakat, terjadi perubahan sosial yang signifikan di Desa Piji. Pemilik UMKM dan masyarakat
setempat menjadi lebih sadar akan potensi dan peluang pengembangan UMKM di daerah mereka.
Kesimpulan dari laporan perkembangan UMKM pemanfaatan promosi media sosial dan pembuatan
peta untuk mencari lokasi kawasan perdagangan pada program KKN ini adalah strategi tersebut efektif
dalam meningkatkan strategi pemasaran UMKM dan dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan
ekonomi lokal.

Downloads

Published

2024-08-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengembangan UMKM dalam Program Kerja KKN Tematik Universitas Muria Kudus. (2024). SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 543-553. http://prosiding.umk.ac.id/index.php/sandimas/article/view/210

Similar Articles

1-10 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.