Pengaruh Sosialisasi Digital Branding dan Pembuatan Laporan Keuangan Terhadap Peningkatan Kapasitas Bisnis UMKM

Authors

  • Isna Salsabila Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Shofia Apriliani Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Dwi Soegiarto Universitas Muria Kudus, Kudus

Keywords:

UMKM, digital branding, laporan keuangan

Abstract

Kegiatan ini dilakukan di Kedungdowo, Kudus, untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai strategi branding digital dan manajemen keuangan yang lebih efektif. Dengan berlandaskan pada literatur yang relevan, pendekatan ini membantu UMKM memahami peran penting branding digital dalam era digitalisasi dan memberikan panduan praktis dalam menyusun laporan keuangan yang baik.
Hasil kegiatan mencerminkan peningkatan pemahaman peserta dalam memanfaatkan media sosial, situs web, dan platform digital lainnya untuk meningkatkan visibilitas bisnis mereka. Selain itu,
program ini juga melibatkan tim KKN Kedungdowo dalam pembuatan logo untuk tiap UMKM,
memperkuat identitas merek dan mengenali bisnis lokal. Program serupa di masa depan harus
mempertimbangkan pemberian dukungan teknis yang lebih kuat dalam hal branding dan pengelolaan laporan keuangan untuk memajukan pertumbuhan UMKM dalam era digital. Artikel ini juga mengakui dan mengucapkan terima kasih kepada pemilik UMKM, kepala desa, dan masyarakat Kedungdowo atas kerja sama mereka dalam kegiatan ini

Downloads

Published

2024-08-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Sosialisasi Digital Branding dan Pembuatan Laporan Keuangan Terhadap Peningkatan Kapasitas Bisnis UMKM . (2024). SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 385-392. http://prosiding.umk.ac.id/index.php/sandimas/article/view/203

Similar Articles

1-10 of 25

You may also start an advanced similarity search for this article.