Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran PPKn Bersama Guru MI Guna Memudahkan Pemahaman Siswa

Authors

  • Anita Khoirin Nada Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Fitri Novita Sari Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Ameliya Fitri Devita Sari Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Retno Tri Handayani Universitas Muria Kudus, Kudus

Keywords:

media pembelajaran, pemahaman siswa

Abstract

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) memiliki peran penting dalam membentuk
pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai landasan ideologi negara. Namun, dalam
proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI), seringkali ditemui kendala terutama dalam
penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif. Media pembelajaran yang terbatas pada
penayangan video membuat siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Dengan kerjasama antara
mahasiswa KKN, wali kelas 4, dan beberapa guru, diputuskan untuk menggunakan media
pembelajaran berupa "Papan Misteri" sebagai alat evaluasi pada materi Pengamalan Sila Pancasila.
Objek yang diambil dalam penelitian ini yaitu siswa MI NU Matholi’ul Huda dengan menggunakan
metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Papan Misteri
berhasil membangkitkan semangat belajar siswa. Mereka terlibat secara aktif dalam proses belajar
dan menunjukkan antusiasme yang tinggi. Ini mengindikasikan bahwa pilihan media pembelajaran
yang tepat dapat memudahkan pemahaman siswa terhadap materi PPKn.

Downloads

Published

2024-08-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran PPKn Bersama Guru MI Guna Memudahkan Pemahaman Siswa. (2024). SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 421-431. http://prosiding.umk.ac.id/index.php/sandimas/article/view/194

Similar Articles

1-10 of 67

You may also start an advanced similarity search for this article.