Program Bimbingan Belajar Dapat Meningkatakan Minat Belajar Siswa di Desa Padurenan

Authors

  • Ira Rizwan Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Saifullah Fattah Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Putri Alicia Utari Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Diah Kurniati Universitas Muria Kudus, Kudus

Keywords:

bimbingan belajar, pendidikan non formal, motivasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana layanan bimbingan belajar
digunakan untuk membantu siswa sekolah dasar menanggapi tantangan belajar yang dihadapi siswa.
Oleh karena itu pembelajaran memegang peranan penting dalam perkembangan belajar anak, karena
mempengaruhi motivasi belajar siswa dan mempunyai pengaruh di luar apa yang dipelajari di kelas.
Kegiatan bimbingan belajar ini diharapkan dapat meningkatkan minat atau kemampuan belajar anak.
Dalam pendidikan informal, siswa didorong untuk mempelajari metode yang berbeda dengan
pendidikan formal yang biasa digunakan oleh guru. Pendidikan informal lebih santai dan menitik
beratkan pada memunculkan hal-hal baru atau yang belum dipahami dengan hal-hal baru dan menarik.
Siswa tidak hanya sekedar menghafal, tetapi juga memahami dan tertarik, karena ketika tertarik maka
otomatis siswa mempelajari apa yang belum diketahuinya. Oleh karena itu pembelajaran berlangsung
melalui metode belajar dan bermain, sehingga mendorong siswa belajar menjadi pribadi yang lebih
kreatif dan juga lebih aktif dalam berpikir dan memecahkan masalah.

Downloads

Published

2024-08-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Program Bimbingan Belajar Dapat Meningkatakan Minat Belajar Siswa di Desa Padurenan. (2024). SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 502-506. http://prosiding.umk.ac.id/index.php/sandimas/article/view/169

Similar Articles

1-10 of 34

You may also start an advanced similarity search for this article.