Program Bimbingan Belajar Dapat Meningkatakan Minat Belajar Siswa di Desa Padurenan
Keywords:
bimbingan belajar, pendidikan non formal, motivasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana layanan bimbingan belajar
digunakan untuk membantu siswa sekolah dasar menanggapi tantangan belajar yang dihadapi siswa.
Oleh karena itu pembelajaran memegang peranan penting dalam perkembangan belajar anak, karena
mempengaruhi motivasi belajar siswa dan mempunyai pengaruh di luar apa yang dipelajari di kelas.
Kegiatan bimbingan belajar ini diharapkan dapat meningkatkan minat atau kemampuan belajar anak.
Dalam pendidikan informal, siswa didorong untuk mempelajari metode yang berbeda dengan
pendidikan formal yang biasa digunakan oleh guru. Pendidikan informal lebih santai dan menitik
beratkan pada memunculkan hal-hal baru atau yang belum dipahami dengan hal-hal baru dan menarik.
Siswa tidak hanya sekedar menghafal, tetapi juga memahami dan tertarik, karena ketika tertarik maka
otomatis siswa mempelajari apa yang belum diketahuinya. Oleh karena itu pembelajaran berlangsung
melalui metode belajar dan bermain, sehingga mendorong siswa belajar menjadi pribadi yang lebih
kreatif dan juga lebih aktif dalam berpikir dan memecahkan masalah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.