Edukasi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Digital Marketing Kepada Warga Desa Gribig Kecamatan Gebog

Authors

  • Natasya Eka Oktaviani Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Hafshahra Febi Angabaya Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Bagas Ari Septiyanto Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Agung Subono Universitas Muria Kudus, Kudus

Keywords:

edukasi, digital marketing, UMKM Desa Gribig

Abstract

Perkembangan pesat dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan memiliki dampak yang signifikan,
terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang merupakan pilar ekonomi
negara. Salah satu dampaknya adalah kurangnya pemahaman dan edukasi, yang mengakibatkan
penggunaan teknologi tidak optimal dalam mendukung operasi bisnis mereka, yang pada gilirannya
dapat membatasi potensi peningkatan pendapatan.Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi
dan pendampingan kepada pelaku UMKM yang berlokasi di Desa Bhuana Jaya, Kecamatan
Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, khususnya dalam memanfaatkan dan
mengoptimalkan pemasaran digital melalui platform media sosial, terutama Instagram. Metode
pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan penyampaian materi serta pendampingan
langsung kepada para peserta.Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah bahwa peserta berhasil
memahami strategi pemasaran melalui media sosial Instagram. Selama pelatihan, para peserta juga
memperoleh pengetahuan tentang bagaimana cara maksimal dalam menggunakan media sosial,
termasuk pembuatan konten yang sederhana, manajemen jadwal unggah konten, dan berinteraksi
dengan konsumen.

Downloads

Published

2024-08-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Edukasi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Digital Marketing Kepada Warga Desa Gribig Kecamatan Gebog. (2024). SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 475-480. http://prosiding.umk.ac.id/index.php/sandimas/article/view/141

Similar Articles

1-10 of 115

You may also start an advanced similarity search for this article.