Implementasi P5 Membatik di SD Langenharjo 01 dan 02 Serta Ecoprint di SMPN 1 Margorejo

Authors

  • Shoumul Lail Sufiana Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Nabila Ainul Farah Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Renach Wily Rochdan Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Alfiyani Nur Hidayanti Universitas Muria Kudus, Kudus

Keywords:

Pendidikan, pengabdian, masyarakat, kuliah kerja nyata

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila (P5) dalam penguatan dan strategi yang digunakan guru untuk penguatan karakter mandiri
peserta didik melalui profil pelajar pancasila pada peserta didik kelas V SD dan peserta didik kelas
VII, VIII SMP N. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis kualitatif menggunakan metode
analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi,
dengan menggunakan instrumen penelitian pedoman wawancara. Partisipan penelitian yaitu guru
kelas V SDN Langenharjo 01 dan 02 serta SMPN 1 Margorejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan profil pelajar pancasila dalam penguatan karakter mandiri peserta didik melalui kegiatan
pembiasaan, ekstrakurikuler, dan kegiatan P5. Strategi yang diterapkan yakni strategi memberikan
ruang dan kesempatan pada peserta didik untuk berkembang dan strategi membangun kedekatan
secara personal kepada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan profil pelajar pancasila
yang dilaksanakan oleh guru berhasil menumbuhkan kemandirian peserta didik yang sudah mulai
bertindak lebih mandiri.

Downloads

Published

2024-08-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Implementasi P5 Membatik di SD Langenharjo 01 dan 02 Serta Ecoprint di SMPN 1 Margorejo . (2024). SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 738-746. http://prosiding.umk.ac.id/index.php/sandimas/article/view/133

Similar Articles

1-10 of 109

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)