Implementasi P5 Membatik di SD Langenharjo 01 dan 02 Serta Ecoprint di SMPN 1 Margorejo
Keywords:
Pendidikan, pengabdian, masyarakat, kuliah kerja nyataAbstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila (P5) dalam penguatan dan strategi yang digunakan guru untuk penguatan karakter mandiri
peserta didik melalui profil pelajar pancasila pada peserta didik kelas V SD dan peserta didik kelas
VII, VIII SMP N. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis kualitatif menggunakan metode
analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi,
dengan menggunakan instrumen penelitian pedoman wawancara. Partisipan penelitian yaitu guru
kelas V SDN Langenharjo 01 dan 02 serta SMPN 1 Margorejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan profil pelajar pancasila dalam penguatan karakter mandiri peserta didik melalui kegiatan
pembiasaan, ekstrakurikuler, dan kegiatan P5. Strategi yang diterapkan yakni strategi memberikan
ruang dan kesempatan pada peserta didik untuk berkembang dan strategi membangun kedekatan
secara personal kepada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan profil pelajar pancasila
yang dilaksanakan oleh guru berhasil menumbuhkan kemandirian peserta didik yang sudah mulai
bertindak lebih mandiri.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian kepada MasyarakaT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.