Pengembangan UMKM Melalui Sales Promotion pada UMKM Herlyn Cake & Bakery Desa Besito Kudus
Keywords:
pengembangan, UMKM, sales promotionAbstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan ekonomi
nasional dan ekonomi daerah, penyerapan tenaga kerja dan pendistribusian hasil-hasil pembangunan.
Sehingga diperlukan adanya pemberdayaan UMKM. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat oleh
tim KKN 61 dilakukan pemberdayaan pada UMKM Herlyn Cake & Bakery yang mengalami masalah
kurangnya minat pembeli dalam membeli produknya. Selain itu, masih banyak konsumen yang belum
mengetahui keberadaan UMKM ini. Sehingga diperlukan adanya pendampingan pada UMKM untuk
melakukan sales promotion dengan melakukan kegiatan pelatihan pembuatan banner, penyebaran
brosur, serta pemberian tester produk kepada masyarakat. Hasilnya diperoleh bahwa melalui promosi
yang dilakukan dapat meningkatkan penjualan sebesar 30% serta meningkatkan jumlah masyarakat
yang mengetahui UMKM Herlyn Cake & Bakery.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.