Pengembangan UMKM Melalui Sales Promotion pada UMKM Herlyn Cake & Bakery Desa Besito Kudus

Authors

  • Nia Nur Aini Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Irfanda Syahrul Darmawan Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Alif Fitroh Ardiansyah Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Berlian Imelda Puspita Maharani Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Diah Kurniati Universitas Muria Kudus, Kudus

Keywords:

pengembangan, UMKM, sales promotion

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan ekonomi
nasional dan ekonomi daerah, penyerapan tenaga kerja dan pendistribusian hasil-hasil pembangunan.
Sehingga diperlukan adanya pemberdayaan UMKM. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat oleh
tim KKN 61 dilakukan pemberdayaan pada UMKM Herlyn Cake & Bakery yang mengalami masalah
kurangnya minat pembeli dalam membeli produknya. Selain itu, masih banyak konsumen yang belum
mengetahui keberadaan UMKM ini. Sehingga diperlukan adanya pendampingan pada UMKM untuk
melakukan sales promotion dengan melakukan kegiatan pelatihan pembuatan banner, penyebaran
brosur, serta pemberian tester produk kepada masyarakat. Hasilnya diperoleh bahwa melalui promosi
yang dilakukan dapat meningkatkan penjualan sebesar 30% serta meningkatkan jumlah masyarakat
yang mengetahui UMKM Herlyn Cake & Bakery.

Downloads

Published

2024-08-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengembangan UMKM Melalui Sales Promotion pada UMKM Herlyn Cake & Bakery Desa Besito Kudus. (2024). SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 459-466. http://prosiding.umk.ac.id/index.php/sandimas/article/view/130

Similar Articles

1-10 of 23

You may also start an advanced similarity search for this article.