Pembelajaran Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) pada Anak-Anak Desa Dadirejo
Keywords:
calistung, kuliah kerja nyataAbstract
Penelitian ini fokus pada pembelajaran calistung (membaca, menulis, berhitung) pada anak-anak yang
tinggal di Desa Dadirejo. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pendekatan pembelajaran
calistung yang efektif dalam mengatasi hambatan-hambatan yang mungkin dihadapi oleh anak-anak
desa. Metode penelitian melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis
dokumen. Hasil penelitian ini mencerminkan pentingnya kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan
komunitas dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Fleksibilitas dalam pembelajaran,
termasuk penggunaan sumber daya lokal, telah terbukti menjadi strategi yang berhasil. Namun,
tantangan aksesibilitas teknologi juga perlu diatasi untuk memastikan pendidikan yang
merata.Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang bagaimana pendidikan calistung dapat
ditingkatkan untuk anak-anak desa di Desa Dadirejo dan sejenisnya. Implikasi dari temuan ini dapat
membantu meningkatkan kualitas pendidikan dasar bagi anak-anak desa dan memastikan bahwa
mereka memiliki peluang yang setara dalam mengembangkan keterampilan membaca, menulis, dan
berhitung yang kritis dalam perkembangan mereka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian kepada MasyarakaT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.