Pembelajaran Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) pada Anak-Anak Desa Dadirejo

Authors

  • Ajeng Purbaniadatika Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Aprilliana Devi Setianingrum Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Ikmanul Ni’am Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Alfiyani Nur Hidayanti Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Nafi' Inayati Zahro Universitas Muria Kudus, Kudus

Keywords:

calistung, kuliah kerja nyata

Abstract

Penelitian ini fokus pada pembelajaran calistung (membaca, menulis, berhitung) pada anak-anak yang
tinggal di Desa Dadirejo. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pendekatan pembelajaran
calistung yang efektif dalam mengatasi hambatan-hambatan yang mungkin dihadapi oleh anak-anak
desa. Metode penelitian melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis
dokumen. Hasil penelitian ini mencerminkan pentingnya kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan
komunitas dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Fleksibilitas dalam pembelajaran,
termasuk penggunaan sumber daya lokal, telah terbukti menjadi strategi yang berhasil. Namun,
tantangan aksesibilitas teknologi juga perlu diatasi untuk memastikan pendidikan yang
merata.Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang bagaimana pendidikan calistung dapat
ditingkatkan untuk anak-anak desa di Desa Dadirejo dan sejenisnya. Implikasi dari temuan ini dapat
membantu meningkatkan kualitas pendidikan dasar bagi anak-anak desa dan memastikan bahwa
mereka memiliki peluang yang setara dalam mengembangkan keterampilan membaca, menulis, dan
berhitung yang kritis dalam perkembangan mereka.

Downloads

Published

2024-08-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pembelajaran Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) pada Anak-Anak Desa Dadirejo . (2024). SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 711-717. http://prosiding.umk.ac.id/index.php/sandimas/article/view/124

Similar Articles

1-10 of 27

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)