Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas IV

Authors

  • Tita Ayudya Pradipta Asmoro Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Amelia Khoriyah Rosyidah Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Niken Aulia Ristiyanti Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Irfan Aprilianto Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Wawan Shokib Rondli Universitas Muria Kudus, Kudus

Keywords:

media pembelajaran, jarimatika, kemampuan berhitung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran jarimatika
untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu
eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah
Ibtidaiyah NU Hidayatul Mubtadiin Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Populasi pada penelitian
adalah siswa kelas IV MI dengan sampel sebanyak 18 siswa yang dipilih dengan teknik purposive
sampling. Data di ambil berdasarkan hasil pretest dan posttest siswa yang terdiri dari 20 butir soal
pilihan ganda. Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor pretest siswa adalah 53,61, dengan nilai
minimum sebesar 45, dan nilai maksimal mencapai 65. Sedangkan, data posttest menunjukkan bahwa
skor rata-rata siswa adalah 65,55, dengan nilai minimum sebesar 55 dan nilai maksimum mencapai 75
yang artinya rata-rata skor pretest-posttest siswa mengalami kenaikan 11,94. maka dapat disimpulkan
bahwa efektivitas penggunaan media pembelajaran jarimatika dapat meningkatkan kemampuan
berhitung siswa kelas IV MI NU Hidayatul Mubtadiin.

Downloads

Published

2024-08-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas IV. (2024). SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 82-88. http://prosiding.umk.ac.id/index.php/sandimas/article/view/120

Similar Articles

1-10 of 40

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>