Pelatihan Digital Marketing dalam Pengembangan Pemasaran UMKM Kerajinan Ulix Melalui Sosial Media

Authors

  • Islah Abu Khasan Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Putri Wijayanti Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Alfiatun Nisa Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Aula Zahirotul Maulida Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Hanik Hidayati Universitas Muria Kudus, Kudus

Keywords:

digital marketing, logo, UMKM

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi pendampingan pemasaran yang diterapkan untuk mendorong
pertumbuhan UMKM kerajinan ulix melalui desain logo yang menarik. Pemanfaatan teknologi digital
semakin memudahkan pelaku UMKM khususnya dalam menciptakan citra produk dan memasarkan
produk tersebut di media sosial. Untuk mengoptimalkan pemasaran produknya, UMKM kerajinan Ulix
melakukan pendekatan kreatif dengan merancang desain logo pada social medianya sebagai
pengenalan produknya. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini meliputi 5 tahap yaitu
tahap observasi, tahap identifikasi masalah, tahap perencanaan (tahap pelaksanaan kegiatan), dan
tahap evaluasi. Penelitian ini mengidentifikasi perubahan strategis dalam desain dan dampaknya
dalam meningkatkan daya tarik produk dan meningkatkan penjualan. Hasilnya menggambarkan
bagaimana strategi pendampingan pemasaran memainkan peran penting dalam pertumbuhan UMKM
dengan berfokus pada elemen desain visual yang efektif. Studi ini memberikan wawasan berharga bagi
UMKM serupa yang ingin meningkatkan visibilitas dan penjualan produknya melalui strategi
pemasaran yang berfokus pada desain kemasan.

Downloads

Published

2024-08-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pelatihan Digital Marketing dalam Pengembangan Pemasaran UMKM Kerajinan Ulix Melalui Sosial Media. (2024). SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17-24. http://prosiding.umk.ac.id/index.php/sandimas/article/view/110

Similar Articles

1-10 of 23

You may also start an advanced similarity search for this article.