Pelatihan Digital Marketing dalam Pengembangan Pemasaran UMKM Kerajinan Ulix Melalui Sosial Media
Keywords:
digital marketing, logo, UMKMAbstract
Penelitian ini membahas tentang strategi pendampingan pemasaran yang diterapkan untuk mendorong
pertumbuhan UMKM kerajinan ulix melalui desain logo yang menarik. Pemanfaatan teknologi digital
semakin memudahkan pelaku UMKM khususnya dalam menciptakan citra produk dan memasarkan
produk tersebut di media sosial. Untuk mengoptimalkan pemasaran produknya, UMKM kerajinan Ulix
melakukan pendekatan kreatif dengan merancang desain logo pada social medianya sebagai
pengenalan produknya. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini meliputi 5 tahap yaitu
tahap observasi, tahap identifikasi masalah, tahap perencanaan (tahap pelaksanaan kegiatan), dan
tahap evaluasi. Penelitian ini mengidentifikasi perubahan strategis dalam desain dan dampaknya
dalam meningkatkan daya tarik produk dan meningkatkan penjualan. Hasilnya menggambarkan
bagaimana strategi pendampingan pemasaran memainkan peran penting dalam pertumbuhan UMKM
dengan berfokus pada elemen desain visual yang efektif. Studi ini memberikan wawasan berharga bagi
UMKM serupa yang ingin meningkatkan visibilitas dan penjualan produknya melalui strategi
pemasaran yang berfokus pada desain kemasan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.