Penyuluhan Anti Bullying dalam Meningkatkan Iklim Belajar dan Kesejahteraan Peserta Didik

Authors

  • Anurul Amaliza Rachel Putri Sukarno Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Rifqi Ulil Azmi Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Friska DyahAyuk Pratiwi Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Muhamad Jafar Hanan Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Hanik Hidayati Universitas Muria Kudus, Kudus

Keywords:

bullying, pencegahan, peserta didik

Abstract

Bullying merupakan masalah serius di lingkungan sekolah yang dapat mengganggu iklim belajar dan
kesejahteraan peserta didik. Penyuluhan anti bullying menjadi penting untuk meningkatkan
pemahaman peserta didik tentang konsep bullying, tanda-tanda perundungan, serta cara
pencegahannya. Penelitian ini menggambarkan metode penyuluhan yang melibatkan analisis
kebutuhan, perencanaan kegiatan, pelaksanaan, dan evaluasi. Secara keseluruan kegiatan penyuluhan
anti bullying di SD 4 Kutuk dapat dikatakan berhasil, yang dibuktikan dengan meningkatnya
pemahaman peserta didik terhadap isu-isu yang disampaikan dan dibahas pada saat diskusi dan
tanya jawab.

Downloads

Published

2024-08-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penyuluhan Anti Bullying dalam Meningkatkan Iklim Belajar dan Kesejahteraan Peserta Didik. (2024). SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 11-16. http://prosiding.umk.ac.id/index.php/sandimas/article/view/109

Similar Articles

1-10 of 45

You may also start an advanced similarity search for this article.